BUMDes Maju Mandiri Kembangkan Penanaman Ubi Beniazuma dan Ubi Cilembu

oleh -
Sekretaris Komisi II DPRD Sumedang Dadi Sopandi saat memberikan apresiasi acara launching penanaman Ubi Beniazuma dan Ubi Cilembu dengan media Polybag diaula Desa Cigendel Kecamatan Pamulihan

PAMULIHAN – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Mandiri Desa Cigendel Kecamatan Pamulihan mengembangkan penanaman Ubi Beniazuma dan Ubi Cilembu dengan media Polybag.

Ketua BUMDes Maju Mandiri Koswara mengatakan, pengembangan kedua jenis Ubi tersebut bertujuan untuk meningkatkan produktivitas penanaman Ubi diwilayah Cigendel serta mensejahterakan petani.

“Penanaman Ubi ini dengan pola dan teknologi terbaru, kenapa dengan polybag? karena memiliki keunggulan 1 hektar berbanding 4 hektar pola konvensional. Kalau┬ápola konvensional 1 H potensi panen 30 ton. Sementara menggunakan polybag 1 hektar bisa 76 ton sampai 96 ton,” ucapnya.

Menurutnya, dalam pelaksanaannya pihaknya bekerjasama atau bermitra dengan petani Cigendel.

“Dari hasil panen akan dialokasikan untuk pensiun┬áperangkat desa dan petani dan pembiayaan asuransi jiwa para petani,” ucapnya.

Oleh sebab itu, kata ia, pihak bekerjasama dengan Dinas TPHP Jabar, Ojk jabar, Dinas PMD, Bank Bjb dan Asuransi Jasindo dan didukung Pemerintah Desa Cigendel serta Forkopimcam Pamulihan serta wakil ketua komisi I DPRD Sumedang Dadi Sopandi.

Sementara itu, Dadi Sopandi mengapresiasi BUMDes Maju Mandiri yang memiliki gagasan untuk mengembangkan penanaman Ubi Cilembu dengan pola teknologi terbaru.

“Kami sangat mendukung serta mendorong karena merupakan agenda dewan, tadi dijelaskan bahwa perbandingan menanam ubi menggunakan polybag lebih besar dibandingkan dengan menanam disawah,” ucapnya.

Otomatis, kata ia, dengan hasil melimpah akan berdampak kepada meningkatnya omset panen sehingga masyarakat/petani akan lebih sejahtera dan mandiri serta bisa bersaing dengan smaart farming.

“Tidak perlu khawatir karena BUMDes maju mandiri juga telah melakukan kerjasama baik dengan pihak keuangan maupun jasa asuransi,” tutupnya. (tha).