Pekan Ini Anggaran Pilkades Rampung Dibayarkan

oleh -

TANJUNGSARI – Kabid Pemerintahan Desa DPMD Kabupaten Sumedang H. Nuryadin memastikan bahwa anggaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang III kemarin, akan rampung atau terbayarkan pekan ini.

“Alasan keterlambatan anggaran Pilkades kemarin, karena 3 hari sebelum hari H pencoblosan baru ketuk palu ini sedang berproses. Mudah-mudahan terbayarkan Minggu ini dan merupakan anggaran terakhir,” ucapnya kepada Radar Sumedang.

Nuryadin menambahkan, ada beberapa desa yang sudah cair ada juga yang belum, ia menyebutkan bahwa proses pencarian jangankan ada Pilkades hari-hari biasa saja selalu menumpuk terlebih dengan sekarang memasuki akhir bulan.

“Mudah-mudahan bisa diselesaikan dua hari ini, tinggal beberapa desa lagi, semuanya sudah dibagian keuangan tinggal secara administratif, nanti masuk ke rekening desa, dan total anggaran untuk Pilkades ini sekitar 9 miliar dibagi tiga tahap mulai anggaran perubahan 2019, anggaran murni dan terakhir untuk penambahan TPS,” tambahnya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan Pilkades serentak kemarin berjalan sukses tanpa ekses dan telah dilantik oleh Bupati Sumedang.

“Sesuai dengan amanat permen nomor 72 bahwa pelantikan harus secara virtual dan telah dilaksanakan hanya tiga kecamatan dilantik di Gedung Negara yang lainnya mengikuti ditiap-tiap kecamatan dan hari ini ada beberapa desa telah melaksanakan serah terima jabatan itu menandakan bahwa tahapan Pilkades sudah selesai,” ucapnya.

Ia berharap, Pilkades yang telah usai itu diharapkan bisa menghasilkan pemimpin yang terbaik untuk desa masing-masing dan terus memperjuangkan desanya supaya betul-betul melaksanakan berbagai kegiatan 6 tahun kedepan dengan pelaksanaan mensejahterakan masyarakat.

“Pa Bupati beramanat bahwa Kepala Desa mempunyai kewajiban 3 hal pertama menurunkan angka kemiskinan, stunting ayu kesehatan, terkahir meningkatkan pelayanan masyarakat, jadi semua kegiatan di Desa harus merujuk kedalam 3 hal tadi,” tutupnya. (tha).

oleh