Karang Taruna Berharap Sinergi dengan Kades Baru

oleh -

PAMULIHAN – Upaya mensinergikan program kerja Karang Taruna dengan Pemerintahan Desa, sejumlah pemuda yang tergabung didalam wadah Karang Taruna Kecamatan Pamulihan melakukan silaturahmi kesejumlah Kepala Desa (Kades) baru yang memenangkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak kemarin.

Kades yang baru tersebut diantaranya Kades Ciptasari, Haurngombong, Cilembu, Sukawangi, Pamulihan dan Kades Cinangerang.

Ketua harian Karang Taruna Kec. Pamulihan Deden Kusnadi mengatakan, silaturahmi itu merupakan aganda rutin Karang Taruna Pamulihan, selain meningkatkan tali silaturahmi sekaligus ajang perkenalan dengan kepala desa yang baru, yang mudah-mudahan bisa membawa perubahan dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat.

“Kami mendorong kades baru untuk mengoptimalkan kiprah karang taruna karena merupakan mitra Pemerintah Desa (Pemdes) yang harus diperhatikan penggeraknya, gagasan program, ataupun anggarannya,” ujarnya.

Deden menambahkan, secara administrasi Karang Taruna Pamulihan sudah terbentuk ditiap desa serta memiliki komitmen melakukan pembangunan melalui pengelolaan sumber daya pemuda, baik dibidang ketenagakerjaan, wiraswasta, UKM dan bidang lainnya.

”Karang taruna bukan lembaga komersil, karenanya harus berjalan sesuai dengan tupoksinya. bisa menjadi leading sektor sehingga diperlukan dukungan dari masyarakat dan Pemerintah terutama di tingkat desa, baik secara moril maupun dari sisi materil,” tambahnya.

Ia pun menaruh harapan besar kepada Kades baru untuk mengoptimalkan karang taruna salah satunya dalam melakukan pembentukan dan penyegaran kembali kelembagaan yang dianggap kurang aktif dan berdaya. (tha).