Gaungkan Soft Tenis, Kepengurusan Pesti Sumedang Terbentuk

oleh -
Pembentukan kepengurusan Pesti Kabupaten Sumedang digelar di Kampus UPI Sumedang, Senin (9/10/2020)

RADARSUMEDANG.ID–Kepengurusan Persatuan Soft Tenis Indonesia (Pesti) Kabupaten Sumedang akhirnya terbentuk dengan terpilihnya Ketua Pesti Kabupaten Sumedang Drs. Encep Sudirjo, M.Pd yang juga salah seorang dosen olahraga UPI Kampus Sumedang, Senin (9/11/2020) di Kampus UPI Sumedang.

Setelah terbentuknya kepengurusan Pesti Kabupaten Sumedang, dalam jangka waktu sepuluh hari, kepengurusan akan merancang perencanaan program kerja termasuk di dalamnya pembinaan dan mendata atlet lain yang memiliki basic tenis yang baik, karena sejatinya soft tenis ini sangat mirip dengan tenis lapangan biasa.

“Namun yang membedakan ialah raketnya berukuran lebih kecil dan bobot yang lebih ringan. Penggunaan bola karet yang lentur dan lebih ringan dibanding bola tenis biasa yang keras dan memiliki kecepatan yang sangat tinggi apabila dipukul,” kata Encep Sudirjo.

Pembentukan Pesti Kabupaten Sumedang sendiri selain bertujuan untuk lebih mempopularkan Soft Tenis di masyarakat Sumedang juga dalam rangka menghadapi Pra Porda yang sudah hampir di depan mata.

“Kami tidak mentargetkan lebih kepada atlet nantinya, sudah masuk semi final saja sudah bagus, syukur-syukur mendapat medali. Hal ini dikarenakan, atlet masih terasa canggung dalam bermain, yang biasanya menggunakan tenaga yang besar dalam bermain tenis lapangan, namun dalam soft tenis dituntut untuk lebih mengefisiensikan penggunaan tenaga yang lebih baik,” terang Encep.

Terkait persiapan atlet Pesti Sumedang dalam rangka menghadapi Pra Porda XIV di tengah pandemi Covid-19, Encep mengatakan segala aktivitas para atlet akan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

“Tentu saja, nanti dalam persiapan latihan atlet soft tenis Sumedang pra Porda disesuaikan dengan protokol kesehatan. Intinya 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan baik sebelum latihan maupun setelah latihan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi Pesti Kabupaten Sumedang Dr Anggi Setia Lengkana, M.PD yang juga dosen UPI Kampus Sumedang menambahkan di Kabupaten Sumedang sendiri olahraga soft tenis belum luas dikenal, karena selama ini soft tenis baru ada di dalam kampus saja terutama di Kampus UPI Sumedang khususnya pada Program Studi PGSD Penjas.

“Bisa dikatakan sebagai pelopor di Kabupaten Sumedang, yang melakukan terobosan dengan memasukan cabang olahraga soft tenis pada kurikulum perkuliahan di semester genap, dan ditargetkan membentuk UKM soft tenis di tahun 2021,” terang Anggi.(rik)