Sako Ma’arif NU Sumedang Siap Sukseskan Pergamanas II 2019 di Cibubur Jakarta

oleh -

SUMEDANG–Sebanyak 81 orang anggota pramuka penggalang dari Sako Ma’arif NU Sumedang diberangkatkan bersama 27 orang pembina ke Buperta Cibubur Jakarta untuk mengikuti Perkemahan  Pramuka  Penggalang  Ma’arif  NU  Nasional (Pergamanas) II 2019, Selasa (19/2/2019).

Kegiatan Pergamanas II yang mengusung tema “Pramuka Aswaja Menuju Generasi Emas 2030” bakal digelar selama lima hari sampai 23 Februari 2019.

Ketua LP Ma’arif NU Cabang Sumedang Cucu Suhayat, S.Pd.I mengatakan pemberangkatan peserta Pergamanas II ini sebagai bentuk dukungan penuh Pramuka Sako Maarif Sumedang untuk turut menyukseskan acara yang dihelat rutin empat tahunan itu.

“Alhamdulillah semenjak Pergamanas I lalu, sampai Pergamanas II kami dari Sako Maarif Sumedang konsisten memberangkatkan peserta penggalang yang berasal dari sekolah-sekolah dibawah naungan LP Maarif Sumedang,” terang Cucu usai melepas rombongan Pergamanas asal Sumedang, kemarin di Islamic Centre Sumedang.

Cucu berharap para peserta Pergamas asal Sako Maarif NU Sumedang bisa mengikuti acara bertaraf nasional ini dengan baik. Pasalnya dalam kegiatan itu banyak sekali rangkaian acara yang mampu menumbuhkan tali persaudaraan, solidaritas, melatih mental dan fisik, meningkatkan kecintaan kepada Rasulullah SAW, mengenal lebih dekat para wali dan masayikh NU serta tempat bersejarah di Jakarta, melestarikan budaya nusantara, termasuk pengembangan keterampilan dan wawasan kepramukaan.

“Bagi para peserta harus dimanfaatkan sebaik-baiknya syukur-syukur bisa menorehkan prestasi disana,” harap Cucu.

Sebelum diberangkatkan, seluruh peserta kontingen telah melewati masa training center (TC) dan juga tahapan seleksi. ”Seluruh peserta merupakan Penggalang Ma’arif NU terbaik dan telah melalui seleksi penjaringan serta pembekalan dari Pengurus Sako Pramuka Ma’arif NU,” kata Cucu.

Dalam TC itu para peserta dibekali beberapa materi kegiatan yang dapat menunjang peserta pada kegiatan Pergamanas II di Cibubur antara lain ke-Sako-an, Aswaja, ke-NU-an, wawasan kebangsaan, yel-yel, ketangkasan baris-berbaris, pertendaan, teknik Kepramukaan (Tekpram) dan sebagainya.

Pergamanas II menjadi ajang bertemunya Pramuka Penggalang Ma’arif NU se-Nusantara. Rencananya Presiden Joko Widodo akan membuka secara langsung Pergamanas II pada Rabu (20/2/2019).(rik)