Tahun Ajaran Baru, MAN 2 Sumedang Fokus Tingkatkan Kualitas Pendidikan

oleh -
Kepala MAN 2 Sumedang, Drs. H. Ma'mun Khoer, M.Ag

SUMEDANG–Memasuki tahun ajaran baru 2019/2020 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Sumedang masih menjadi madrasah favorit di Sumedang. Hal itu lantaran banyak torehan prestasi yang telah diraih madrasah yang berada di Jalan Angkrek Situ No 38 Kecamatan Sumedang Utara itu.

Kepala MAN 2 Sumedang Drs. H. Ma’mun Khoer, M.Ag mengatakan meski pada masa penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2019 ini tidak terlalu masif dalam kegiatan promosi, namun hasilnya masih memuaskan.

“Tahun lalu kami sampai menerima 200 siswa baru. Tahun sekarang sengaja kami mencoba tidak begitu besar-besaran dalam promosi dan ternyata meski jumlah siswa baru yang diterima 120 orang untuk enam rombel, namun kami yakin dari sisi kualitasnya akan jauh lebih baik,” jelas H. Ma’mun kepada Radar Sumedang, Jum’at (5/7/2019).

H. Ma’mun optimis sebuah madrasah yang memiliki slogan ‘madrasah hebat madrasah bermartabat’ akan tetap menjadi pilihan masyarakat ketika madrasah tersebut memiliki ciri khas dan keunggulan dibandingkan madrasah dan sekolah sederajat lainnya.

“Hal itulah yang kami terapkan di MAN 2 Sumedang agar tetap berprestasi dari tingkat lokal, regional bahkan nasional dan menjadi nilai lebih dibandingkan madrasah atau sekolah lainnya,” imbuhnya..

Namun, diakuinya untuk mempertahankan ‘brand image’ madrasah seperti itu tidak bisa berdiri sendiri. “Kami butuh dukungan semua pihak dan tentunya peran serta masyarakat dalam hal ini Komite Sekolah bersama para orang tua siswa memiliki andil besar,” tandasnya lagi.

Karena MAN 2 Sumedang lebih mementingkan kualitas lulusan dari pada kuantitas maka dalam proses pembelajarannya menerapkan konsep ‘didiklah siswa sesuai minat dan bakatnya’.

“Makanya kami nanti di hari pertama sekolah kepada para guru telah menginstruksikan agar menanyai arah minat para siswa untuk kemudian membimbingnya. Karena memang dari pengalaman tidak bisa semua siswa diperlakukan sama,” terang H Ma’mun.

Beberapa keunggulan MAN 2 Sumedang di antaranya memiliki 23 kegiatan ekstra kulikuler diantaranya yang Futsal, Pencak Silat, Badminton, PKS, Qiraat, Paskibra, KIR, Pramuka, PMR, Bola Voli, Tahfidz, Kaligrafi, Kreasi Seni dan lainnya.

MAN 2 Sumedang terbilang lengkap dalam pilihan jurusan seperti Ilmu-Ilmu Sosial (IIS), Matematika Ilmu Alam (MIA), Ilmu Bahasa dan Budaya (IBB) dan Ilmu-Ilmu Keagamaan (IIK). Begitupun sarana prasarana telah meiliki lab bahasa, lab komputer dan lab IPA.

Dari sisi prestasi MAN 2 Sumedang selalu menjadi juara umum dalam AKSIOMA (Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga Madrasah). Yang terbaru pernah meraih Juara I OSIS Se- Indonesia. Begitupun dari sisi output lulusan sekitar 40 persen banyak yang melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi seperti ke UIN dan sekolah kedinasan. (rik)