H Nurony Octora Kembali Pimpin FKDT Sumedang

oleh -
FOTO BERSAMA: Seluruh peserta muscab berfoto bersama Ketua FKDT terpilih, sejumlah narasumber dan jajaran panitia muscab di Aula Hotel Emerald Pangandaran, Sabtu (9/11/2019).

PANGANDARAN–H Nurony Octora kembali memimpin Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Sumedang periode 2019-2024, setelah kembali terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Cabang (Muscab) FKDT Kabupaten Sumedang yang digelar di Aula Hotel Emerald Pangandaran, Sabtu (9/11/2019).

Dalam muscab yang diikuti sebanyak 72 orang peserta yang terdiri dari para ketua FKDT tingkat kecamatan se-Kabupaten Sumedang, pengurus harian FKDT Kabupaten Sumedang dan para operator DTA, mayoritas peserta muscab memilih kembali H Nurony sebagai Ketua FKDT Kabupaten Sumedang.

Dedi, salah seorang pengurus FKDT Kecamatan Buahdua menanggapi LPJ yang disampaikan H Nurony. Menurutnya dalam masa kepemimpinan H Nurony FKDT telah banyak berkiprah terutama dalam memperhatikan pendidikan non formal madrasah diniyah.

“Kami melihat banyak kontribusi yang diberikan dalam kepengurusan FKDT Sumedang selama ini. Sudah selayaknya kita kembali bersama-sama lagi untuk melanjutkan kepengurusan terutama dalam memajukan pendidikan diniyah yang dituntut bisa sejajar dengan madrasah umumnya,” papar Dedi dalam muscab.

Begitupun dengan pengurus lainnya mendukung sepenuhnya H Nurony untuk melanjutkan roda kepengurusan periode selanjutnya. “Selama ini kiprah beliau (H Nurony, red) sudah dirasakan dari mulai realisasi perbup, peningkatan mutu diniyah sampai masalah peningkatan kesejahteraan guru diniyah. Adapun masih ada keterbatasan dan kekurangan yang disampaikan dalam LPJ suatu hal yang manusiawi,” imbuhnya.

Sementara itu usai terpilih kembali sebagai ketua FKDT Sumedang, H Nurony dalam sambutannya mengatakan amanah yang saat ini kembali diembannya adalah hal besar yang harus diterima.

“Karena sebuah organisasi harus dijalankan karena amanah. Amanah janganlah diminta, tetapi ketika amanah itu diberikan maka harus seyogyanya dilaksanakan,” ujar H Nurony.

Sebelumnya dalam acara pembukaan muscab dibuka secara resmi oleh Bupati Sumedang yang diwakili Staf Ahli Bidang Hukum Pemerintahan dan Politik H Agus Suherman. Hadir juga Kasi PD Pontren Kemenag Sumedang H Rahmat Hidayat mewakili Kepala Kemenag Sumedang, Ketua FKDT Pusat yang juga Dewan Pembina FKDT Jawa Barat H Asep Ely Gunawan dan H Daud Nurdin perwakilan dari DPW FKDT Jawa Barat.

Sebelum muscab dimulai terlebih dahulu digelar seminar tentang peranan FKDT dalam membangun kelembagaan pendidikan madrasah diniyah takmiliyah dengan narasumber Wakil Ketua Umum DPP FKDT H Asep Ely Gunawan. Usai muscab para peserta mengikuti uji kompetensi guru (UKG) diniyah. (rik)