Tingkatkan Mutu Pendidikan, 2000 Guru Diniyah Wajib Ikuti UKG

oleh -
Dewan Pembina FKDT Jawa Barat H Asep Ely Gunawan tengah melakukan tes UKG kepada salah seorang ketua FKDT kecamatan

SUMEDANG–Usai terpilih kembali sebagai Ketua Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Sumedang H Nurony Octora langsung memberikan fokus perhatiannya dalam upaya peningkatan mutu pendidikan madrasah diniyah di Kabupaten Sumedang.

Hal itu dibuktikan dengan melaksanakan kegiatan Uji Kompetensi Guru (UKG) bagi para Ketua FKDT kecamatan se-Kabupaten Sumedang usai digelar Muscab di Aula Hotel Emerald Pangandaran, Sabtu (9/11/2019).

“Untuk sekarang sebagai awalan dilaksanakan UKG bagi seluruh ketua FKDT untuk tahap berikutnya akan kami lakukan juga tes UKG bagi seluruh guru diniyah sebanyak 2000 orang guru diniyah,” terang H Nurony.

Seluruh peserta UKG mengikuti dua sesi UKG. Pertama mereka mengerjakan tes tertulis meliputi materi dari tujuh mata pelajaran diniyah. “Kedua tes lisan, dalam tes ini para peserta UKG dites melalui proses wawancara oleh Dewan Pembina FKDT Jawa Barat H Asep Ely Gunawan dan Pimpinan Pontren Tasdikul Hayat Tegalsari Sumedang H Mulyadi,” sebutnya.

Menurut H Nurony, perlunya UKG diniyah ini juga untuk menjawab tantangan pendidikan kedepan yang lebih berat lagi terutama dalam menghadapi efektifnya Undang Undang Pondok Pesantren yang sudah disahkan DPR.

“Kehadiran FKDT menaungi diniyah-diniyah memberikan harapan lahirnya pendidikan mengaji yang mulai terlembagakan, terstruktur, terarah dan outputnya dirasakan masyarakat,” ujar H Nurony.