Guru Madrasah Harus Melek Literasi Digital

oleh -
Pengawas Madrasah Kemenag Sumedang Drs H Abdul Ajid saat menyampaikan materi dalam kegiatan pembinaan bagi guru-guru MA Plus Al Munir Sumedang, Rabu (29/1/2020)

SUMEDANG–Peranan guru dalam memajukan pendidikan madrasah sangat besar. Sebab baik buruknya pendidikan di madrasah juga ikut ditentukan baik buruknya kualitas guru madrasah itu sendiri.

Demikian disampaikan Pengawas Madrasah dari Kementerian Agama Kabupaten Sumedang Drs. H Abdul Ajid, M.Ag saat memberikan materi dalam kegiatan pembinaan bersama guru-guru MA Plus Al Munir Sumedang Desa Baginda Kecamatan Sumedang Selatan, Rabu (29/1/2020) di Aula MA Plus Al Munir Lantai 2.

“Untuk itu penting sekali kembali mengingatkan komitmen dari para guru, sehingga mempunya rasa memiliki yang tinggi sebagai bagian dari madrasah. Memiliki komitmen yang tinggi juga akan muncul jika masing-masing dari guru sudah sepenuhnya mengenal diri kita sendiri sebagai guru,” ujar H Ajid.

Untuk menjadi madrasah yang berkualitas selain harus mampu memunculkan segala keunggulan-keunggulan madrasah itu sendiri, perlu juga sebuah madrasah itu memenuhi kriteria madrasah berkualitas.

“Beberapa kriteria madrasah berkualitas itu harus memenuhi tiga aspek yang seluruhnya sudah baik mulai dari aspek penampilan madrasah, pelayanan madrasah, dan prestasi madrasah. Jika semua aspek itu sudah dalam kategori baik atau bahkan sangat baik berarti sudah bisa dikatakan madrasah berkualitas atau unggul,” tandas H Ajid.

Beberapa hal dalam aspek penampilan madrasah yang sering kali terlupakan adalah menempelkan kata-kata bijak atau mutiara di dinding-dinding kelas. “Fungsi kata-kata ini yang memenuhi aspek penampilan madrasah bisa menjadi motivasi baik bagi guru maupun siswa, maka daripada dinding itu kosong silakan tempeli dengan kata-kata bijak,” sarannya.