Tahun Ajaran Baru MAN 2 Sumedang Tetap Jadi Pilihan

oleh -
Pasukan Pengibar Bendera Satria Siliwangi MAN 2 Sumedang berfoto bersama usai menjadi petugas pengibaran sang saka merah putih pada upacara Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-73 belum lama ini.

SUMEDANG--Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Sumedang di tengah pandemi Covid-19 memberlakukan penerimaan siswa baru tahun ajaran 2020/2021 secara online. Kepala MAN 2 Sumedang Drs. H Ma’mun Khoer, M.Ag mengatakan untuk tahun ajaran baru kembali menerima calon siswa baru untuk 7 rombongan belajar.

“Untuk tahun ini ada peningkatan minat calon siswa pada jurusan MIA sehingga tahun ini menjadi 3 rombel. Sisanya jurusan IIS, IIB dan IIK,” ucap H Ma’mun di ruang kerjanya kemarin (26/6/2020).

MAN yang beralamat di Jalan Cilengkrang Lembur Situ Kecamatan Sumedang Utara ini dikenal sebagai MAN yang memiliki banyak prestasi dan termasuk MAN favorit di Sumedang.

“Alhamdulillah meski di tengah keterbatasan karena adanya pandemi Covid 19 yang menyebabkan kegiatan promosi madrasah tersendat namun antusiasme calon siswa untuk melanjutkan ke MAN 2 Sumedang sangat tinggi,” ungkapnya.

Menurut kepala MAN 2 Sumedang yang juga Ketua PGM Indonesia Kabupaten Sumedang ini, tingginya calon siswa yang mendaftarkan ke MAN 2 Sumedang lantaran MAN 2 Sumedang sudah dikenal memiliki banyak prestasi dan mumpuni dalam penyelenggaraan KBM.

“Kepercayaan itu diketahui ketika kami melakukan wawancara kepada sejumlah calon siswa sebelum adanya pandemi, alasan mereka memilih melanjutkan ke MAN 2 Sumedang lantaran mengetahui kalau madrasah kami memiliki banyak kegiatan ekstrakulikuler di madrasah dan banyak menorehkan prestasi baik itu tingkat daerah maupun nasional,” ungkapnya lagi.

H. Ma’mun optimis sebuah madrasah yang memiliki slogan ‘madrasah hebat madrasah bermartabat’ akan tetap menjadi pilihan masyarakat ketika madrasah tersebut memiliki ciri khas dan keunggulan dibandingkan madrasah dan sekolah sederajat lainnya.

“Hal itulah yang kami terapkan di MAN 2 Sumedang agar tetap berprestasi dari tingkat lokal, regional bahkan nasional dan menjadi nilai lebih dibandingkan madrasah atau sekolah lainnya,” imbuhnya.

Namun, diakuinya untuk mempertahankan ‘brand image’ madrasah seperti itu tidak bisa berdiri sendiri. “Kami butuh dukungan semua pihak dan tentunya peran serta masyarakat dalam hal ini Komite Sekolah bersama para orang tua siswa memiliki andil besar,” tandasnya lagi.

Beberapa keunggulan MAN 2 Sumedang di antaranya memiliki 23 kegiatan ekstra kulikuler diantaranya yang Futsal, Pencak Silat, Badminton, PKS, Qiraat, Paskibra, KIR, Pramuka, PMR, Bola Voli, Tahfidz, Kaligrafi, Kreasi Seni dan lainnya.

MAN 2 Sumedang terbilang lengkap dalam pilihan jurusan seperti Ilmu-Ilmu Sosial (IIS), Matematika Ilmu Alam (MIA), Ilmu Bahasa dan Budaya (IBB) dan Ilmu-Ilmu Keagamaan (IIK). Begitupun sarana prasarana telah meiliki lab bahasa, lab komputer dan lab IPA.

Dari sisi prestasi MAN 2 Sumedang selalu menjadi juara umum dalam AKSIOMA (Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga Madrasah). Yang terbaru pernah meraih Juara I OSIS Se- Indonesia. Begitupun dari sisi output lulusan sekitar 40 persen banyak yang melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi seperti ke UIN dan sekolah kedinasan. (rik)