Diklat Krida Sakawira Kartika Sebagai Ajang Membentuk Karakter Jiwa Pemimpin Bangsa

oleh -

SUMEDANG – Sebagai ajang pembinaan pembentukan karakter serta menumbuhkan rasa kebangsaan, sebanyak 95 orang pelajar mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) Krida Sakawira Kartika Kodim 0610/Sumedang TA. 2020 di Lapang upacara Makodim 0610/Sumedang. Sabtu (27/06/2020).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Pembukaan Diklat Pramuka Saka Wira Kartika adalah Komandan Kodim 0610/Sumedang, Letkol Arh Novianto Firmansyah S.E.,M. Tr(Han) hadir pada kesempatan tersebut Pasi Teritorial Kodim Kapten Inf Lesly darmawan, pasilog kodim 0610/Sumedang Kapten inf Ateng Jaelani, serta para pemateri dari Kodim 0610/Sumedang.

“Kegiatan Diklat Sakawira Kartika tersebut diberikan beberapa materiĀ  yang disebut Krida yaitu Sakawira Kartika Krida Navigasi Darat, Krida Pionereeng, Krida Mountainering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana, dan materi lainnya,” ucap Komandan Kodim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah S. E., M. Tr(Han) saat memberikan sambutan.

Ia menambahkan, materi-materi yang disampaikan untuk memantapkan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika dan akan dilaksanakan selama 2 hari.

“Mengajak adik-adik untuk mengikuti serta menyerap materi-materi yang akan diberikan oleh kakak-kakak Pembina dengan baik, jadikan kesempatan ini sebagai kesempatan dalam menambah wawasan dan pengetahuan kalian sebagai generasi penerus,” tambahnya.

Dandim menyebutkan, para peserta nantinya akan menjadi pemimpin Bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, jadikan masa muda adik-adik untuk menempa diri kalian melalui pendidikan serta kegiatan Pramuka seperti ini, dan kegiatan-kegiatan positif lainnya sehingga mampu memantapkan kualitas kalian sebagai generasi penerus yang berkualitas.

“Melalui kegiatan ini sebagai sarana pembinaan yang menitik beratkan pada kegiatan pembentukan karakter, persaudaraan, kerukunan, perdamaian serta menumbuhkan rasa kebangsaan, berjiwa pancasila dan ber-bhineka tunggal ika,” pungkasnya. (tha).

oleh