KKU STIE Ditengah Pandemi Covid-19

oleh -

SUMEDANG – Pelaksanaan Kuliah Kerja Usaha (KKU) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sebelas April Sumedang tahun 2020 akan dilakukan secara mandiri di desa masing-masing mahasiswa, menyusul saat ini masih dalam pandemi Covid-19. Hal tersebut dikatakan Ketua STIE Sebelas April Sumedang Dr. H. Arifin, S.H., M.Pd., M.M, saat Pembekalan KKU Mandiri STIE Sebelas April 2020, Kamis (16/7/2020). Pembekalan KKU Mandiri tersebut dilakukan secara virtual.

“KKU di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) saat ini dilakukan secara mandiri, yang artinya betul-betul ditata sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” kata Arifin.

Ia menjelaskan, tahun ini ada sebanyak 392 mahasiswa/i dari Prodi Manajemen dan Akuntansi yang mengikuti KKU mandiri. Para mahasiswa akan mulai menjalankan KKU mandiri pada Bulan Agustus 2020 nanti di desa di 140 desa di 25 kecamatan di Sumedang.

“Meski dilakukan secara mandiri di desa masing-masing mahasiswa, namun tidak mengurangi esensi dari KKU itu sendiri, yakni KKU termasuk bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi, yakni Pengabdiam Terhadap Masyarakat,” ujarnya.

Melalui KKU, lanjut Arifin, pihaknya mendorong dalam peningkatan daya beli masyarakat, dan mengatasi kemiskinan, sehingga sejalan dengan program Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang.

“Program kami memang mendeteksi, menginfentarisir potensi-potensi ekonomi yang sebelum ada Covid-19 berjalan normal, namun sekarang banyak yang kolaps, dan dari data pemerintah pun angka kemiskinan naik 2 kali lipat,” ucapnya.

Pembekalan KKU Mandiri secara virtual diikuti pula oleh Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir, S.T., M.M, Ketua Panitia KKU Erpi Rahman, S.E., M.Ak, Wakil Ketua YPSA Idris, Drs., Ketua BLK Kabupaten Sumedang Irma Agustini, M.Si, dan para mahasiswa/i peserta KKU mandiri.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengajak para mahasiswa STIE Sebelas April Sumedang melalui program-program akademiknya dapat membantu menangani kemiskinan di Sumedang.

“Kami mengajak STIE Sebelas April Sumedang bersinergi dengan Pemerintah Daerah menekan angka kemiskinan yang naik sejak pandemi Covid-19. Mahasiswa STIE Sebelas April Sumedang harus menjadi bagian dari solusi,” ucapnya. (gun)

oleh