Selama Cuti Kuliah, Praja IPDN Dituntut Pantau Prokes Pilkada Serentak

oleh -
MATERI : Sejumlah Praja saat tengah mendengarkan pemaparan materi mengenai pemantauan Prokes Pilkada yang akan dilakukan praja selama cuti berlangsung.

JATINANGOR – Sebanyak 1534 Praja Utama Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkat XXVIII diberikan pengarahan dan pembekalan sebelum disebar ke 270 Daerah yang akan menggelar Pilkada serentak. Rabu (02/12) malam lalu.

Kasubag Humas IPDN Ervin Fahlevi mengatakan setelah mengikuti pengarahan dan pembekalan seluruh praja akan disebar ketiap wilayah untuk memantau penerapan protokol kesehatan (Prokes) yang menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

“Pemantauan prokes ini bersamaan dengan cuti mereka rencananya pekan ini mereka akan pulang ke kampung halaman masing-masing,” ucapnya kepada Radar Sumedang.

Ervin mengaku, pembekalan tersebut merupakan tugas tambahan akademik dan tidak mengganggu jadwal perkuliahan sehingga digelar malam.

“Supaya tidak ada kerumunan saat pelepasan, sehingga setelah dilakukan apel pelepasan cuti untuk tanggal 5 Desember 2020 praja putra dan tanggal 6 Desember 2020 praja putri dan seterusnya, dan sebelum pulang, mereka sudah menjalani swab tes,” ucapnya.

Ia menjelaskan, selama tahun 2020 ini praja IPDN belum pernah mendapatkan cuti, sehingga sekalian cuti sekaligus mendapatkan tugas tambahan memantau Prokes ditempat masing-masing.

“Dari 270 daerah terdiri dari 9 Provinsi, 224 Kabupaten dan 37 kota, penerapan prokes akan dilaporkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Mendagri),” ucapnya.

Kendati demikian, lanjut Ervin, IPDN akan membuat posko sebagai pusat menampung informasi dari para praja ketika melakukan pemantauan penerapan prokes selama Pilkada diwilayah praja masing-masing.

“Selanjutnya hasil laporan tersebut akan kami sampaikan langsung Kemendagri,” tutupnya. (tha).