Disdik Pastikan Pembangunan Fisik di Tahun 2021 Masih Dianggarkan

oleh -
Kabid Sapras Disdik Kab. Sumedang Eka Ganjar Kurniawan

RADARSUMEDANG.ID- Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang memastikan di tahun 2021 pelaksanaan pembangunan fisik masih dianggarkan.

Dikonfirmasi, Kepala Bidang Sarana Prasarana Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Eka Ganjar Kurniawan mengatakan, pembangunan fisik yang dimaksud berasal dari berbagai sumber baik itu APBD Kabupaten, Provinsi, dan Pemerintah Pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Alhamdulillah tahun ini masih ter-anggarkan. Baik itu untuk rehab ruang kelas, pembangunan, penataan serta tembok penahan tebing (TPT),” kata Eka kepada Radar Sumedang, Kamis (25/2).

Adapun dikatakan Eka, pengadaan sarana prasarana untuk jenjang SMP dari pemerintah pusat ada 12 sekolah yang mendapatkan bantuan, begitu pula dengan dari APBD.

Sedangkan untuk tingkat SD ada sekitar 50 sekolah lagi untuk rehab ruang kelas

“Akan tetapi memang jumlahnya menurun dari tahun 2020 karena pandemi Covid-19 juga berpengaruh terhadap anggaran-anggaran yang diterima oleh kami di Dinas Pendidikan. Meskipun sekarang kita sudah memasuki tahun 2021, anggaran yang kami terima menurun,” ujarnya.

Kendati dirasa adanya penurunan anggaran untuk sarana prasarana, pihaknya menegaskan akan bekerja dengan baik.

“Mudah-mudahan tidak berpengaruh terhadap target yang telah kami tetapkan. Karena kami telah melakukan pemetaan bahwa target pencapaian sapras seusai dengan Renstra yang kami buat, insya Allah tidak akan dibawah target yang ditetapkan,” katanya.

Lebih lanjut ditambahkan Eka, di tahun 2020 target Bidang Sapras 29 persen bangunan baik dan tercapai 37 persen.

“Artinya capaian kita sudah melampaui target. Sehingga ketika sekarang ada penurunan, kami pastikan tidak akan berpengaruh terhadap capaian tersebut. Bahkan diprediksi tahun 2021 sekarang juga akan melampaui target,” tandasnya. (jim)