Senang Dilibatkan Dalam Pra Musrenbang

oleh -

JATINANGOR –  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang Daerah Pemilihan (Dapil) V (Jatinangor-Cimanggung), Herman Habibullah menilai bahwa keterlibatan masyarakat baik RT, RW, dan Kader PKK dalam pra musyawarah rencana pembangunan sangat diperlukan.

Pra Musrenbang tersebut diinisiasi oleh Tim Penggerak Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.

“Dua hari ini saya hadir ditengah-tengah para tokoh masyarakat, Agama, Pemuda, Ibu-ibu, para Ketua RW serta Anggota BPD se-Desa Cilayung dan Cileles dalam rangka silaturahmi yang dibingkai dengan acara yang sangat besar dan kredibel untuk sebuah kemajuan segala aspek kehidupan masyarakat,” ucapnya.

Sekretaris Fraksi PKB itu menyebutkan bahwa, keterlibatan masyarakat dalam kegiatan Pra Musrenbang ini baru dilakukan dan di benarkan oleh peserta yang hadir. Sehingga menjadi motivasi dirinya mengajak semua masyarakat memerankan posisi masing-masing dan melibatkan diri dalam proses pembangunan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pelaporan serta pemeliharaan pembangunan atau kegiatan di wilayah.

“Sebenarnya pemerintah telah menyusun regulasi salah satunya UU Desa yang sangat jelas dan nyata sebagai ikhtiar politik untuk mewujudkan kehidupan yang sejahtera adil dan makmur, menuju Indonesia maju, oleh karena itu setiap pembangunan yang ada diwilayah harus diketahui oleh masyarakat. Sehingga masyarakat bisa, bahkan wajib mengawal setiap program yang ada,” ucap Herman kepada Radar Sumedang.

Herman akan minta kepada Bapak Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir untuk memerintahkan SKPD terkait mulai BAPPEDA, Dinas PMD dan para Camat untuk memantau dan mengendalikan proses mekanisme perencanaan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
“Hal tersebut sangat penting agar visi misi Sumedang Simpati bisa terwujud dengan baik,” ucapnya.

Sementara, Sekertaris Karang Taruna Desa Cilayung Dadang Sobarudin mengaku baru kali ini diajak untuk mengikuti Pra Musrenbang di Desa Cilayung yang dihadiri anggota DPRD Kabupaten Sumedang, kegiatan ini sangat berarti karena dijelaskan mengenai tahapan perencanaan pembangunan sebagai bekal kami melaksanakan MUSDUS di tiap RW atau Dusun.

“Ini kegiatan sangat bagus untuk mengetahui dan memberikan masukan terkait berbagai pembangunan yang akan dilaksanakan diwilayah kami,” ujarnya. (tha).

oleh