Hari Ini Pendaftaran Calon Ketua DPD Golkar Sumedang Dibuka

oleh -

Sumedang – DPD Partai Golkar Kabupaten Sumedang resmi mengumumkan tahapan pembukaan pendaftaran bakal calon Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sumedang Masa Bhakti 2020 – 2025.

Itu menyusul telah dibentuknya susunan kepanitiaan yang telah menyepakati waktu tempat dan tanggal pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) ke-10 Partai Golkar Kabupaten Sumedang yang rencananya bakal diselenggarakan pada 27 Agustus mendatang di Asia Plaza Sumedang.

Meski harus dilakukan ditengah tingginya eskalasi penularan Covid-19, panitia bakal tetap menyelenggarakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat.

“Alhamdulillah hari ini kami resmi membuka pendaftaran bagi siapapun kader Golkar yang akan mencalonkan menjadi calon Ketua,” kata Ketua SC Panitia Musda Partai Golkar Kab. Sumedang, Ifan Yudhi Wibowo dalam agenda konferensi pers di Gedung Golkar, Senin (17/8).

Adapun kata Irfan, panitia telah merilis penjadwalan pengambilan formulir pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 18 – 19 Agustus 2020. Sementara untuk pengembalian formulir dilakukan pada tanggal 20 – 21 Agustus 2020 (tidak bisa diwakilkan). Dan terakhir untuk verifikasi administrasi dan penetapan bakal calon dilakukan pada tanggal 22 – 25 Agustus 2020.

“Insyaallah nantinya untuk Musda ini yang berhak mendapatkan suara hanya 32 orang, dan satu orang hanya boleh mendukung satu calon. Sementara untuk dukungan setiap calon kita ambil 9,6 persen dari jumlah suara, artinya 10 orang sudah memenuhi syarat. Meskipun nanti akan ada lagi verifikasi yang ditentukan oleh aturan tertinggi AD/ART partai,” ucapnya.

Disamping itu pula disebutkan Irfan bahwa mekanisme pemilihan tergantung pada dinamika peserta Musda baik sistem voting maupun aklamasi.

“Kalau nanti pada peserta Musda menghendaki aklamasi ya aklamasi, dan kalau voting ya voting. Karena sebagai partai yang demokratis kita buka ruang kepada peserta rapat. Akan tetapi khusus untuk Musda kali ini Ketua umum intruksikan aklamasi sehingga Musda di seluruh DPD ya harus aklamasi juga,” sebut Ifan seraya kembali menyebutkan semua tergantung dinamika yang ada.

Senada Ketua DPD Golkar Kabupaten Sumedang Sidik Jafar menuturkan, sebagaimana yang telah disampaikan melalui surat dari DPP dan Provinsi dalam Rakor 7 Juli 2020 lalu persiapan pelaksanaan Musda seluruh DPD di Kabupaten/Kota wajib dilaksanakan paling lambat 31 Agustus 2020.

Oleh sebab itu dirinya menegaskan berkaitan situasi kondisi saat ini sedang ada musibah, semua peserta harus menerapkan prokes.

“Kita sedang koordinasi dengan Gugus Tugas bahwa Musda ini harusnya semua kader hadir. Maka yang hadir dibatasi hanya 150 orang pada saat pembukaan, itupun diatur jaraknya item-item Protokol Kesehatan harus ada sebagaimana yang dilakukan oleh Pemerintah. Tempat duduk diatur supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” tuturnya. (jim)