Tim Kampanye Daerah Siap Gelar Kampanye Akbar

oleh -
BERJALAN : Calon Presiden nomor urut 01, Joko Wiodo dan Maruf Amin berjalan di antara pendukungnya dalam sebuah acara. (ILUSTRASI : dok. Jawa Pos)

RADARSUMEDANG.id, Bandung – Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Maruf Amin di Jawa Barat menyiapkan kampanye terbuka di lima wilayah. Selain itu, persiapan pun dilakukan menyangkut sejumlah strategi untuk mengamankan kemenangan bagi pasangan nomor urut 01 tersebut.

Sekretaris TKD Jabar, Abdy Yuhana mengatakan saat ini tim sedang merumuskan dan menentukan tempat yang dinilai cocok dan strategis untuk menggelar kampanye terbuka. Namun, ia memastikan Jokowi dan Maruf Amin akan menghadiri langsung acara tersebut.

“Kami sedang membahas acara rapat umum, kampanye terbuka. Menyusun strategi, dmana titik yang cocok untuk pak Jokowi dan pak Maruf hadir,” katanya saat ditemui di Jalan Halimun, Kota Bandung, Kamis (28/2/2019).

Ada beberapa hal yang diperhatikan terkait kriteria tempat. Ia menginginkan secara kuantitatif, daerah tersebut memiliki penduduk yang banyak dan gampang diakses.

“Ya sedang kami pikirkan. Masih dibahas bersama tim termasuk mengatur jadwal dengan TKN (Tim Kampanye Nasional),” katanya.

Di samping itu, Abdy menyatakan bahwa  TKD membuat satuan tugas khusu untuk mengatasi hoaks. Tim yang dipimpin bagian advokasi ini khusus dibentuk jelang masa pencoblosan yang dinilai peredaran berita palsu makin marak.

Hasil deteksi yang sudah dilakukan, berita bohong yang menyerang Joko Widodo paling banyak di priangan barat, Sukabumi, Cianjur, Tasikmalaya, Ciamis dan Bogor. Ia mengakui, bahwa serangan ini sudah mulai berpengaruh pada elektabilitas Jokowi.

“Ya harus diakui, pemberitaan dan informasi yang salah yang menyerang Pak Jokowi beroengaruh pada elektabilitas. Yang di Karawang (tiga perempuan yang diduga melakukan kampanye hitam) itu sangat melukai hati kami,” jelasnya.

” Kampanye itu kan harusnya berisi visi misi dan program. Pasti akan ada dampaknya kepada masyarakat awam yang menerima informasi keliru,” ucapnya.

Terpisah, Budi Hermansyah selaku Direktur Kampanye TKD Jabar menjelaskan bahwa terkait temoat untuk kampanye terbuka, sudah ada lima wilayah yang menjadi incaran. Wilayah tersebut adalah Cirebon, Bandung raya, Tasikmalaya, Bogor dan Subang.

Semua acara tersebut akan digelar di atas tanggal 17 maret 2019. Isi acaranya membicarakan seputar bicara keberhasilan Jokowi dan alasan mengapa harus melanjutkan dua periode.

“Ada visi misi juga, ada hiburan juga. Banyak lah, Via Valen mungkin hadir, ada influencer, Youtuber,” katanya.

“Initinya kami memilih yang potensi pemilihnya banyak. Memang ada skala prioritas, seperti Bogor, Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi kan 9 juta pemilih. Itu harus dicari mana yang paling strategis. Yang jelas Jokowi dan Pak Maruf hadir. Itu komitmen TKN dan TKD,” pungkasnya.

(Nda)