Rizal Ramli Beri Petuah Agar Sumedang Bisa Maju seperti Banyuwangi

oleh -
Rizal Ramli

SUMEDANG – Pakar Ekonomi sekaligus politikus Nasional, Rizal Ramli menyayangkan kondisi daerah Kabupaten Sumedang yang cenderung tertinggal di antara Kabupaten/kota lain di Jawa Barat.

Pernyataan itu dilontarkannya saat ditanyai oleh sejumlah awak media, usai mengisi sebuah acara seminar di STMIK Unsap, Jum’at (8/2/2019).

“Kita tahu Sumedang sejak masa penjajahan Belanda dikenal dengan paradise of Java (surganya Jawa Barat). Tapi aneh, Sumedang relatif tertinggal dengan kabupaten lain, masyarakat masih banyak yang miskin, pariwisata masih jauh tertinggal,” ujarnya.

Mantan Menko Kemaritiman periode Jokowi-JK yang terkenal dengan sebutan rajawali ngepret ini pun, meminta Pemkab Sumedang agar kembali menyandang brand paradise of Java tersebut.

Salah satu caranya kata Rizal, adalah mengkombinasikan antara pariwisata, pertanian dan periikanan.

“Contohlah Kabupaten Banyuwangi, 8 tahun daerah mereka adalah kabupaten paling miskin di Jawa Timur, kotanya enggak beraturan, jorok. Hingga terpilih Bupati baru yang membersihkan wajah daerah itu, menjadi lebih hijau. Bukan hanya itu, setiap minggunya juga ada kegiatan, seperti lomba masak, melukis, sampai berenang,” ucapnya.