Tim Robotik SD IT–SMP IT Insan Sejahtera Raih Juara Umum

oleh -
FOTO BERSAMA: Tim Robotik SD IT dan SMP IT Insan Sejahtera, Yayasan, guru dan orang tua siswa saat berfoto bersama selepas pemberian hadiah dan closing ceremony

BANDUNG--Pada hari Jum’at dan Sabtu (11-12/10) SD IT dan SMP IT Insan Sejahtera mengirimkan siswa-siswi terbaiknya untuk mengikuti Kompetisi Robot IRoF (Indonesia Robot Festival) 2019 yang diselenggarakan oleh Universitas Maranatha di Bandung.

Ajang ini merupakan kompetisi robot bergengsi di Indonesia. Pasalnya, tercatat 90 tim dari 46 sekolah yang mengikuti perlombaan ini. Tak hanya diikuti oleh sekolah ternama di Indonesia, kompetisi ini diikuti juga oleh 5 sekolah yang berasal dari Malaysia yang merupakan sekolah-sekolah yang memiliki concern di bidang Robotika.

Di hari pertama perlombaan, Tim Robotik SMP IT Insan Sejahtera berhasil menyabet 3 trophy sekaligus yakni Juara 1 Kompetisi Robot Inovatif (M.Rangga – Raqsha), serta Juara 3 (M.Rafly – M.Zaid) dan 4 (Desvita – Balqis) pada Kompetisi Robot Sumo.

Atas capaian tersebut SMP IT Insan Sejahtera dinobatkan sebagai Juara Umum pada tingkat SMP (General Champion of Junior High School) IROF 2019 dan mendapatkan satu trophy tambahan yakni trophy Juara Umum.

Sementara itu, di hari kedua, Tim Robotik SD IT Insan Sejahtera berhasil meraih Juara 1 (Ibrahim – Husein) dan Juara 3 (Rexxane – Vicky) pada Kompetisi Robot Soccer. Atas Raihan 2 piala tersebut, SD IT Insan Sejahtera dinobatkan sebagai Juara Umum Tingkat SD (General Champion of Primary School) dan medapatkan trophy tambahan sebagai Juara Umum. Total piala yang berhasil diraih oleh SD IT dan SMP IT Insan Sejahtera adalah 7 piala.

“Smart Trashbot IS8T9” merupakan Robot Go Green rancangan Tim Robotik SMP IT Insan Sejahtera yang berhasil meraih Juara ke-1 pada Lomba Robot Inovatif dan mampu mengalahkan pesaingnya yaitu SMA 1 BPK Penabur Bandung (Juara 2), SMPK BPK Gading Serpong (Juara 3), SMP Bangun Insan (Juara 4) serta tim-tim lainnya.

Untuk tim Kompetisi Robot Inovatif diwakili oleh dua siswa terbaik SMP IT Insan Sejahtera yaitu M. Rangga dan Raqsha. “Inspirasi pembuatan robot ini berasal dari kecintaan kami terhadap lingkungan dan harapan kami bahwa robot yang kami buat dapat menjadi solusi bagi permasalahan sampah dinegara kita,” jelas keduanya saat diwawancarai.