Mendagri Akan Pidanakan Praja Jika Lakukan Kekerasan

oleh -

JATINANGOR – Menteri Dalam Negeri Prof M Tito Karnavian mengingatkan kepada Praja IPDN agar menghilangkan budaya tindak kekerasan yang kerap dilakukan oleh senior kepada juniornya dilingkungan Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

Hal itu disampaikan saat Mendagri Tito Karnavian menjadi Inspektur Upacara dalam Pelantikan Muda Praja IPDN Angkatan XXX tahun 2019 di Lapangan Parade Abdi Praja IPDN, Kamis 31 Oktober 2019.

“Tidak boleh terjadi lagi tindakan kekerasan yang dilakukan oleh senior kepada junior, tidak ada budaya kekerasan dan itu tidak ada gunanya,” ujar Tito.

Lebih lanjut, sebagai mantan kapolri yang malang melintang sekolah akademi kepolisian di beberapa negara pihaknya memahami budaya-budaya yang ada di dalam korps dan memahami seluk beluknya.

“Salah satunya dalam korps praja IPDN yang dilakukan senior kepada junior itu bukan persoalan pembinaan yang tegas namun itu semua hanyalah balas dendam dari senior kepada junior,” katanya.

Mendagri menegaskan kepada praja yang berbuat kekerasan bahkan menyebabkan luka atau bahkan sampai meninggal maka tidak segan untuk dipidanakan.

“Kalau memang mau ngasih hukuman kepada junior dengan alasan untuk disiplin itu bisa di rubah hukumannya menjadi push up atau skot jump,” sebutnya. (Isl)