Tenang !! Meski Tidak Bisa Besuk ke Lapas, Keluarga Bisa Berkomunikasi Dengan Ini.

oleh -
DARING : Salah seorang warga Binaan Lapas Sumedang saat tengah berkomunikasi dengan keluarganya

KOTA – Sejak pandemi Covid-19 pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sumedang meniadakan jadwal besuk langsung. Sebagai gantinya, pihak lapas

memfasilitasi komputer yang sudah tersambung jaringan internet untuk warga binaan agar bisa melakukan komunikasi dengan keluarganya (Besuk daring).

Kepala Lapas Kelas IIB Sumedang, Suranto mengatakan pihaknya menyiapkan empat set komputer untuk besuk daring.

“Sejak pandemi Covid-19 kami berlakukan kunjungan secara online, sehingga tidak memutuskan tali silaturahmi antara warga binaan dengan keluarganya,” katanya, Selasa (7/7/2020).

Besuk daring tersebut, kata dia, jadwalnya setiap hari. Setiap warga binaan diberi durasi paling lama 5 menit. Selama melakukan video call, warga bina tetap mendapat pengawasan petugas Lapas.

“Kami persilahkan warga binaan melakukan video call, kebetulan fasilitas internet gratis juga sudah tersedia,” tuturnya.

Dikatakan, sejak pandemi Covid-19 Lapas Sumedang tidak menerima warga binaan baru. Kini jumlah warga binaan di Lapas Kelas IIB Sumedang ada 164 orang.
Besuk daring diberlakukan agar tidak ada orang baru yang masuk lapas, guna mengantisipasi penularan korona.

“Sejak 4 bulan lalu kami sudah tidak menerima warga binaan baru, yang ada di sini semuanya orang lama,” tuturnya.

Lebih jauh dikatakan, upaya lainnya dari pihak lapas untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan lapas adalah dengan menerapkan protokol kesehatan, menyiapkan tempat cuci tangan, disinfektan, dan membagikan masker.

“Selain selain kunjungan, selama pandemi proses persidangan juga dilakukan secara online,” katanya. (gun)