Tunggu Keputusan Kemendagri, Sementara Rencana Pilkades di Sumedang 8 November

oleh -

Sumedang – DPRD Kabupaten Sumedang kembali membahas rencana pelaksanaan Pilkades serentak gelombang III tahun 2020 di masa Covid.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sumedang Asep Kurnia mengatakan, pihaknya telah menerima masukan-masukan dari pihak yang berkepentingan seperti DPMD, Satpol-PP dan Kesbangpol.

Oleh sebab itu telah disepakati pelaksanaan Pilkades Serentak 2020 di 88 desa di Sumedang, rencananya akan digelar pada 8 November 2020 mendatang. Termasuk kata dia, DPRD juga mendorong penambahan anggaran akibat adanya pandemi Covid-19, sehingga berdampak pada kebutuhan pemekaran TPS.

“Jadi, tadi kita sudah melihat paparan dari para dinas terkait, dimana hasil kajiannya terdapat penambahan anggaran. Adapun penambahan anggaran tersebut, karena adanya pandemi Covid-19, dan pelaksanaannya harus menerapkan protokol kesehatan, pemakaian APD, serta adanya pemekaran TPS,” kata Asep Kurnia di Gedung DPRD Kabupaten Sumedang, Rabu (29/7).

Dikatakannya terdapat beberapa penyesuaian dan perubahan regulasi serta anggaran mencapai Rp 1.8 miliar. Itu akan diusulkan pada APBD Perubahan tahun 2020. Terlebih dalam pelaksanaannya nanti semua TPS wajib menerapkan prokes.

“Tentunya nanti ada pembatasan jumlah pemilih dan penambahan TPS. Tiap TPS dibatasi hanya 750 pemilih saja, dan jumlah TPS yang awalnya 266 dimekarkan menjadi 451 TPS, atau bertambah 185 TPS. Upaya tersebut, untuk menghindari kerumunan massa,” ucapnya.

Tak sampai disitu, setiap TPS juga mesti memiliki Satgas Covid-19 juga melibatkan pengamanan TNI, Polri dan Satpol PP. Sehingga tidak mengganggu tugas utama penyelenggara pilkades, dan juga para pemilih dapat merasa aman tanpa takut terjangkit Covid-19.

“Hasil kesepakatan pada rapat tersebut, nantinya akan dikirimkan ke Kementerian Dalam Negeri, untuk mendapatkan persetujuan. Jadi keputusan digelarnya Pilkades Serentak pada tanggal 8 November nanti, tergantung keputusan dari Kemendagri,” katanya.

Lebih lanjut dirinya berharap, Pilkades serentak yang akan dilaksanakan nanti harus benar-benar berkualitas, sehingga dapat membawa perubahan yang lebih baik bagi desa-desa di Sumedang ke depannya. (jim)