Kodim Sumedang Panen Jagung di Lahan Tidur

oleh -
IST : Panen jagung dilahan tidur Kodim 0610 di Desa Naluk Kecamatan Cimalaka, Rabu (23/12).

RADARSUMEDANG.ID – Kodim 0610 Sumedang menggelar panen jagung hibrida dan penanaman pohon produktif di lahan uji coba pupuk bios 44 di Desa Naluk Kecamatan Cimalaka, Rabu (23/12).

Dandim 0610/Sumedang, Letkol. Inf. Zaenal Mustofa mengatakan, kegiatan panen jagung hibrida dan penanaman pohon produktif ini adalah sebagai hasil bersama dalam mengupayakan lahan yang sudah tidak produktif menjadi lahan yang kembali produktif, berguna, dan bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Menurutnya, lahan percobaan tersebut berhasil diberdayakan. Dandim berharap khususnya untuk daerah Sumedang tidak ada lagi lahan lahan unproduktif atau lahan lahan tidur yang terbengkalai.

“Lahan unproduktif di wilayah Sumedang banyak dan cukup luas. Kami berharap keberhasilan kita ini dapat ditiru dan dikembangkan di daerah daerah lain. Sehingga lahan non produktif bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Dengan penggunaan pupuk Bios 44, kata Dandim, kini sudah terbukti dapat merubah lahan unproduktif menjadi produktif. Upaya itu hendaknya menjadi pemicu dan pemacu bagi masyarakat mengikuti apa yang telah TNI dan Pemda Sumedang lakukan

“Beberapa upaya untuk meningkatkan hasil panen produksi pertanian dengan merubah kebiasaan dan menambah teknologi dalam pertanian telah dilakukan jajaran Kodim 0610. Seperti program Bios 44, salah satu program yang mendukung dan membantu program dari pemerintah daerah dalam meningkatkan ketahanan pangan,” kata Dandim.