RADARSUMEDANG.ID – Manfaatkan teknologi drone, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sumedang melakukan inspeksi jaringan listrik dengan akurat serta efisien. Upaya itu sengaja dilakukan saat ini menjelang perayaan Hari Kemerdekaan yang akan dilaksanakan dalam dua minggu kedepan.
Jelang perayaan Hari Kemerdekaan, PLN UP3 Sumedang sendiri sudah bersiap untuk menghadirkan keandalan pasokan tenaga listrik. Berbagai kegiatan preventif yang telah rutin dilakukan, makin intens ditingkatkan guna mencegah risiko gangguan yang akan menghambat penyaluran tenaga listrik pada masyarakat.
Manager PLN UP3 Sumedang, Eko Hadi Pranoto dalam keterangannya menyebutkan, salah satu metode inspeksi jaringan yang dilakukan oleh PLN UP3 Sumedang adalah dengan menggunakan teknologi drone. Drone merupakan sebuah pesawat tanpa awak yang dalam pengoperasiannya dikendalikan oleh seseorang (operator) dengan menggunakan remote atau dapat otomatis berfungsi dengan menggunakan perangkat lunak khusus.
Memanfaatkan teknologi drone dalam inspeksi jaringan sangat efektif dalam pelaksanaannya. Drone yang dilengkapi kamera memungkinkan pengambilan foto bahkan video, sehingga sangat memudahkan untuk pengumpulan data juga evaluasi.
“Tuntutan akan kecepatan juga keakuratan yang tinggi dalam pekerjaan di PLN mengharuskan kami lebih kreatif. Drone kami manfaatkan sebagai tools dalam kegiatan inspeksi jaringan terbukti sangat efektif, dari segi waktu tentu lebih cepat dan juga lebih fleksibel, karena jangkauan yang lebih tinggi dan luas, sehingga jaringan listrik dengan lokasi yang cukup sulit bahkan berbahaya untuk dicapai oleh petugas, akan dengan mudah terpantau kondisinya,” ujar Eko.
Dia menambahkan, dengan menggunakan drone dalam kegiatan inspeksi makin meningkatkan efisiensi dalam pembagian pekerjaan petugas, karena bisa dioperasikan oleh satu orang. Maka petugas yang lainnya mempunyai peluang untuk memaksimalkan penyelesaian kegiatan preventif lainnya.
Senada dengan itu, General Manager Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat, Susiana Mutia menerangkan, PLN senantiasa memaksimalkan seluruh teknologi yang ada untuk peningkatan pelayanan.
“Upaya kami untuk terus memberikan pelayanan yang lebih baik kepada Pelanggan, harus bisa beradaptasi dengan inovasi – inovasi dan teknologi terkini. Dibandingkan dengan cara – cara manual, teknologi sangat membantu kami dalam kecepatan bekerja. Tantangan lainnya adalah bagaimana kami bisa menggunakan teknologi ini dengan tepat juga cermat sehingga tidak hanya cepat saja tapi seluruh SOP dijalankan dengan benar. Pada akhirnya adalah kepuasan Pelanggan akan pelayanan kami, yang kami harapkan,” tutur Susi. (tri)