Fitur-Fitur Mobile JKN Terbukti Mudahkan Pelayanan Peserta JKN

oleh
Aep Saepudin

RADARSUMEDANG.ID – Adanya Aplikasi Mobile JKN sebagai inovasi serta dikembangkan oleh BPJS Kesehatan sangat dirasakan oleh peserta JKN. Baik untuk mengakses layanan administrasi, maupun untuk mengakses pelayanan kesehatan. Salah satu peserta yang merasakan betul manfaat aplikasi tersebut adalah Aep Saepudin (45). Warga Desa Malongpong Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka ini terdaftar sebagai peserta JKN segmen Pekerja Penerima Upah (PPU). Berkat adanya aplikasi Mobile JKN tersebut, Aep bisa berkonsultasi dengan dokter dengan memanfaatkan salah satu fitur yang ada pada Aplikasi Mobile JKN tersebut.

 

Aep Saepudin menceritakan dirinya tidak perlu datang ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) saat mengalami keluhan dengan kesehatannya. Aep menilai bahwa Aplikasi Mobile JKN ini sangat inovatif serta efektif dan efisien untuk peserta yang memang sulit menjangkau kantor BPJS Kesehatan karena jauh dari tempat tinggalnya. Termasuk di saat ia butuh konsultasi segera dengan dokter di FKTP sementara dia sedang tidak ada waktu karena padatnya aktivitas kerja.

 

“Saya sudah cukup lama memanfaatkan fitur-fitur dari Aplikasi Mobile JKN ini. Yang terbaru yang saya ketahui ini fitur konsultasi dokter, sangat menarik. Komunikasi dengan dokter pribadi melalui fitur ini sangat membantu saya jika saya tidak sempat datang karena aktivitas yang begitu padat. Menurut saya, selama masih bisa berkonsultasi melalui fitur ini kenapa tidak dimanfaatkan, karena sangat bermanfaat,” ungkap Aep saat ditemui tim Jamkesnews, Kamis (23/02).

 

Aep menambahkan dengan adanya fitur konsultasi dokter di Aplikasi Mobile JKN, ia tidak perlu lagi mengantre di klinik. Ia juga tidak perlu menunggu waktu pelayanan untuk dapat berkonsultasi dengan dokter. Hal itu membuatnya cepat dilayani tanpa membuang banyak waktu.

 

“Cukup kirim pesan dan memastikan jadwal dokternya, dokter akan membalas apa yang kita keluhkan. Nantinya, dokter akan memberikan saran seperti apa pencegahannya. Jika memang dianjurkan harus datang karena ada pemeriksaan lebih, kita hanya tinggal dating saja. Memang fiturnya sangat baik dan membantu sekali,” tutur Aep dengan penuh semangat menjelaskan fitur yang sangat ia bangga-banggakan.

 

Karena kemudahan ini, Aep merekomendasikan kepada seluruh teman-temannya untuk mengunduh Aplikasi Mobile JKN. Menurutnya banyak sekali fitur penting lain di Aplikasi Mobile JKN, seperti  berisi fitur peserta, kartu peserta, ubah data peserta, dan pendaftaran peserta, menu tagihan yang berisi fitur premi, catatan pembayaran bagi Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), cek virtual account, dan pembayaran. Selain itu juga ada menu pelayanan yang berisi riwayat pelayanan, pendaftaran pelayanan, skrining, dan yang terakhir adalah menu umum yang berisi fitur info JKN, lokasi, pengaduan, bahkan info ketersediaan tempat tidur di rumah sakit.

 

Beberapa keluarga dari Aep sudah ada yang mengunduh Aplikasi Mobile JKN dan merasakan sendiri manfaatnya serta kemudahan yang didapat. Menurut Aep, banyak sekali yang terbantu dan merasa dimudahkan oleh Aplikasi Mobile JKN. Untuk itu, ia berharap BPJS Kesehatan bisa terus melakukan peningkatan dan berinovasi supaya peserta JKN kian mudah untuk memperoleh pelayanan dari fasilitas kesehatan ataupun mengurus administrasi kepesertaan BPJS Kesehatan tanpa ribet.

 

“Terima kasih BPJS Kesehatan, semoga ke depannya inovasi Aplikasi Mobile JKN ini bisa makin dikembangkan lagi demi membantu peserta Program JKN. Saya sangat mengapresiasi Aplikasi Mobile JKN ini, berkat adanya Aplikasi Mobile JKN, kita sudah diberi kepastian untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Saya berharap semoga semakin banyak  masyarakat Indonesia untuk mengunduh Aplikasi Mobile JKN,” ungkapnya. (rls)