RADARSUMEDANG.ID – Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional pada 4 September lalu, PLN UP3 Sumedang mengunjungi beberapa Pelanggan tersebar di Kabupaten Sumedang dan Majalengka. Bukan hal yang jarang dilakukan untuk bertemu Pelanggan secara langsung, namun terasa spesial di bulan yang juga istimewa khususnya untuk PLN yang mempunyai Pelanggan di seluruh penjuru dan pelosok tanah air.
Manager PLN UP3 Sumedang, Eko Hadi Pranoto menyebutkan, hampir seluruh rumah tangga di Indonesia menggunakan listrik. Artinya bahwa Pelanggan PLN nyaris sama jumlahnya dengan angka rumah tangga.
Perbandingan tersebut dicita-citakan seimbang, sehingga ratio elektrifikasi Indonesia 100 persen, semua warga negara Indonesia menikmati listrik dengan setara. Berhubungan dengan momen Hari Pelanggan, pihaknya memanfaatkan untuk menunjukkan kepedulian juga apresiasi PLN kepada para Pelanggan.
Salah satu bentuk kepedulian tersebut lebih banyak mendengar saran, ide-ide perbaikan juga keluhan dari para Pelanggan. “Memelihara keterikatan yang telah terjalin dengan baik, secara komunikasi maupun koordinasi. Menampung gagasan-gagasan membangun dari Pelanggan untuk amplifikasi layanan yang bermuara pada peningkatan kepuasan Pelanggan,” jelas Eko.
Manager menegaskan, PLN akan terus berupaya secara maksimal untuk dapat mengalirkan tenaga listrik secara andal. Tentunya tidak bisa hal tersebut dicapai dengan sendirinya, perlu dukungan dari Pelanggan juga seluruh stakeholder.
Pada kesempatan tersebut juga PLN sekaligus menyampaikan sosialisasi tentang kemudahan layanan yang dapat diakses oleh seluruh Pelanggan untuk menjangkau PLN, menunjang setiap kebutuhan Pelanggan akan kelistrikan.
“Aplikasi PLN Mobile yang dapat didownload melalui appstore maupun playstore, contact center 123 melayani Pelanggan 7 hari seminggu, 24 jam sehari. Saat ini juga tersebar sebanyak 842 unit SPBKLU di 488 lokasi di seluruh Indonesia bagi pengguna kendaraan listrik, sehingga tidak perlu khawatir melakukan perjalanan jarak jauh sekalipun dapat melakukan isi ulang dengan cepat dan mudah,” jelasnya.
Salah seorang Pelanggan sekaligus stakeholder yang dikunjungi PLN UP3 Sumedang hari itu adalah Kepala Dinas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Majalengka, Drs. H. Yayan Sumantri, Msi. Yayan mengatakan, pihaknya dan PLN saat ini dalam sinergi untuk meningkatkan ratio elektrifikasi khususnya di Kabupaten Majalengka.
“Kami juga sedang berupaya merubah penggunaan bahan bakar minyak ke tenaga listrik bagi para pelaku usaha yang ada di Majalengka,” ungkapnya.
Secara terpisah, General Manager PLN UID Jabar, Susiana Mutia mengucapkan ‘Selamat Hari Pelanggan Nasional’ dan terimakasih kepada seluruh pelanggan PLN. “Tentunya kami mengapresiasi kepada pelanggan yang telah setia mempercayakan pelayanannya kepada PLN dan kami berkomitmen terus meningkatkan pelayanan demi kepuasan pelanggan di seluruh wilayah Jawa Barat khususnya pelanggan setia di wilayah kerja PLN UP3 Sumedang,” tandas Susiana Mutia. (tri)